Kenali Stress Dari Kebiasaan Ngemil Cemilan

Kerap kita mendengar sahabat ataupun teman berkata kalau dikala lagi berkecil hati, ia menyalurkannya dengan ‘ngemil’. Uniknya, keluhan semacam ini lebih banyak dirasakan perempuan dibanding laki-laki. Apakah aktivitas semacam ini logis dan juga gimana pula penjelasannya?

Ngemil menggambarkan aktivitas makan santapan kecil dengan waktu tidak tertentu dan juga dicoba dengan frekeuensi yang cukup kerap. Acapkali ‘ngemil’ dicoba lebih bagaikan refleks terhadap keadaan kejiwaan seorang, dan juga condong dicoba diluar pemahaman kita. Ikatan stress dengan makan nampak pada watak lambung bagaikan pengolah santapan.

stress-dari-kebiasaan-ngemil-cemilan

Lambung bertabiat lentur, mampu mengecil dikala perut kosong dan juga kebalikannya mampu mengembang kala kemasukan santapan. Lambung pula bereaksi terhadap tipe santapan yang masuk. Santapan yang panas, pedas, maupun dingin mampu pengaruhi respon lambung dalam proses pengolahannya. Bahwa kita makan es cream, temperatur dalam lambung mampu turun dari temperatur wajar 370 derajat celsius. Keadaan ini hendak memperlambat kerja lambung. Lihat juga potongan rambut sesuai bentuk wajah dan postur tubuh.

Keadaan lambung pula amat dipengaruhi dan juga sensitive terhadap keadaan kejiwaan kita. Pada dikala kita marah, hendak mendesak aliran darah yang mengarah ke lambung pula bertambah. Begitu pula kala kita lagi hadapi stress, hingga lambung hendak keluarkan asam lambung 3 kali lebih banyak dari dikala biasa. Asam lambung ataupun biasa dinamakan asam hidroklorat (hcl) mampu menggerogoti bilik lambung sampai-sampai terluka dan juga memunculkan penyakit maag.

Keluarnya asam lambung ini mendesak perut membagikan isyarat buat diisi dengan santapan supaya tidak menggerogoti bilik lambung. Sampai-sampai dengan keadaan inilah mampu dimengerti kalau dikala kita berkecil hati ataupun stress, perut juga merasa lapar. Sebab itu normal apabila setelah itu kita mencari santapan kecil buat mengisi keadaan perut yang merasa lapar.

Tetapi aktivitas ‘ngemil’ yang tidak terkendali, mampu pengaruhi keadaan badan. Keadaan badan yang stress ataupun berkecil hati yang kerap terjalin mampu merangsang kerja lambung buat lebih banyak bekerja. Walaupun kita bisa jadi baru aja makan siang ataupun makan malam, tetapi kesedihan ataupun stress mampu pengaruhi keadaan lambung buat memohon ekstra santapan. Lihat juga cara mengepang rambut sendiri dari atas.

Akibatnya, tentu aja obesitas. Tetapi yang pantas diwaspadai ataupun terbentuknya ketidakseimbangan dalam badan yang mampu bermuara pada timbulnya penyakit. Sebab itu perhatikan keadaan badan dan juga peliharalah kejiwaan kita supaya keduanya senantiasa dalam keadaan sehat dan juga terkendali. Cara lain menghilangkan stress adalah jalan-jalan atau traveling ke tempat wisata kuliner di jogja. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s