Waspadai Gejala Nyeri Dada Diikuti Tak Sadarkan Diri

Apakah anda pernah mengalami nyeri dada kiri tengah dimana rasa sakitnya menembus ke belakang dan menjalar ke leher, tangan kiri (kadang kram), serta dada sering berdebar-debar. Jika gejala itu diikuti sering kaget, cemas, sesak napas, dan emosi kadang tidak terkontrol atau bahkan tak sadarkan diri mungkin anda perlu segera waspada.

Gejala Nyeri Dada

Menurut dr Lilik Murtiningsih SpJP(K), keluhan berupa nyeri dada kiri tengah tembus ke punggung, menjalar ke leher, tangan kiri, disertai rasa berdebar merupakan ciri khas gejala berkurangnya pasokan oksigen ke dalam sel otot jantung. Penyebabnya, penyempitan pembuluh darah/arteri koroner. Itulah tanda bahaya yang paling mudah dikenali. Dalam dunia medis, hal tersebut disebut angina pectoris.

Sesak napas pada penyakit arteri koroner menunjukkan kondisi jantung sudah tidak lagi mampu menjalankan fungsi pompanya. Nah, diperlukan penanganan memadai dengan memperbaiki aliran darah koroner melalui berbagai pilihan cara yang sesuai. Tentu upaya itu menghindarkan seseorang dari ancaman bahaya yang lebih fatal.

Kadang kala kondisi tersebut mengakibatkan kematian mendadak. Apalagi bila disertai gejala pingsan. Umumnya, penderita tidak sadar akibat asupan darah ke otak yang sangat menurun. Penyempitan arteri koroner umumnya terjadi akibat kekacauan irama jantung yang sangat hebat. Dengan demikian, jantung berhenti berdenyut alias henti jantung (cardiac arrest). Kondisi itu bisa pulih spontan. Atau, dengan resusitasi yang cepat dan tepat. Dan/atau, dengan terapi kejut listrik (defibrilasi).

Sementara itu, nyeri dada yang kumat-kumatan disebut angina stabil. Sedangkan bila baru pertama diderita, apalagi disertai pingsan, penyakit itu disebut sindrom koroner akut. Pasien harus segera dibawa ke rumah sakit dengan fasilitas yang memadai. Sebab, diperlukan penanganan pertama. Lantas, segera dirujuk ke rumah sakit yang sarananya lebih komplet.

Memastikan penyakit arteri koroner saat ini sangat mudah. Anda harus segera berkonsultasi ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Tidak perlu takut karena saat ini segala cara bisa dilakukan pada penyakit arteri koroner, baik dengan cara intervensi, pemasangan stent (ring), maupun bedah pintas koroner. Dan yang lebih penting langkah pencegahan sejak dini gejala nyeri dada diikuti tak sadarkan diri jauh lebih baik jika anda terlambat dalam penanganannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s