Kenali Bahayanya Susu Formula untuk Bayi

Pemberian susu formula untuk bayi yang berumur kurang dari 6 bulan ternyata cukup berbahaya. Bayi yang mengonsumsi susu formula akan mengalami diare dua kali lebih besar dibandingkan dengan bayi yang hanya diberikan air susu ibu (ASI). Bahkan susu formula dapat menyebabkan terjadinya obesitas atau kegemukan sebanyak 40 persen.

Itu adalah fakta dampak pemberian susu tambahan dalam bentuk susu formula, selain diberikan ASI. Sebagai asupan utama untuk bayi, ASI harus diusahakan untuk bisa diberikan kepada anak, khususnya yang berumur kurang dari 1 tahun. Selain penting untuk memberikan sistem imun atau kekebalan tubuh yang optimal, ASI juga penting untuk menjaga kesehatan dan mengoptimalkan berbagai potensi anak.

bahaya susu formula

Dampak yang lebih buruk terjadi bila bayi hanya diberikan susu formula saja tanpa ada asupan ASI. Diantaranya anak akan mudah terserang penyakit, kemampuan otak dan motorik anak tidak optimal. Dan yang lebih parah, hal ini juga membuat peluang bayi meninggal karena diare meningkat menjadi 14,2 kali daripada yang diberi ASI.

Susu formula juga mengandung bahan berbahaya lainnya seperti gula. Ini juga memberi dampak pada terjadinya karies gigi.

Sekedar informasi, di Amerika Serikat, dalam rentang waktu antara tahun 1982 hingga tahun 2002, terdapat 22 produk susu formula yang ditarik dari peredaran karena terkontaminasi berbagai zat seperti Enterobacter kasazakii. Di Indonesia memang jarang terjadi penarikan susu formula akibat kandungannya yang tercemar bahan berbahaya.

Kasus yang pernah terjadi adalah rendahnya stok susu formula yang menyebabkan banyak orang tua yang kebingungan dan protes akibat naiknya harga jualnya.

Pembuatan susu formula dengan air ternyata juga memberikan dampak sampingan yang lebih parah akibat tingginya risiko pencemaran air yang digunakan. Di Indonesia, sekitar 45 persen warganya tidak mendapat akses air bersih. Sehingga bisa dibayangkan susu formula yang sudah banyak kandungan berbahayanya dicampur dengan akses air bersih yang minim.

Selain itu, secara ekonomi, penggunaan susu formula akan memberatkan para orang tua karena akan menambah biaya pengeluaran yang tidak kecil. Dalam sebulan, setidaknya orangtua harus mengeluarkan rata-rata sekitar Rp 2 juta lebih untuk pembelian susu formula untuk bayi. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s